Skip to: Site menu | Main content

Lengkap dan Profesional

Portal Edukasi Online merupakan layanan multi homepage yang memungkinkan anda mendapatkan berbagai materi dan berita seputar dunia pendidikan di tanah air secara lebih lengkap, cepat & ragam sumber.

Senin, 07 Juli 2008 | Post by Sdr. Andre at 23.50

Menggunakan Layanan Internet Pertama dan Terakhir


Klikjualbeli.com, Kompetitor Tangguh Dunia Niaga dan Promosi Online
General (MSreviews), Situs-situs penyedia layanan jual-beli dan promosi secara online tampaknya kini sudah menjadi bagian penting dalam perkembangan sektor perdagangan di dalam negeri. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kuantitas para pengelola web yang berbasis social trading dan promotion ini dari hari ke hari. Peningkatan yang luar biasa ini tidaklah tanpa alasan, banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan para pengelola untuk menggeluti bisnis yang cukup menjanjikan profit ini. Diantara beberapa faktor ekonomi dan sosial yang mendorong kemajuan ini, menguatnya kepercayaan publik akan keamanan bertransaksi niaga secara online yang ditambahadanya kepastian hukum oleh Pemerintah dalam menjamin keamanan dan kepentingan publik atas berbagai transaksi online yang dilakukan dapat diasumsikan sebagai faktor utama pemicu kondisi ini. Selain itu, kondisi perekonomian di Indonesia yang relatif stabil dengan didukung proses penyebaran teknologi informasi yang cepat, memungkinkan peluang ini sebagai alternatif yang tepat dalam pengembangan dunia bisnis dan wirausaha dalam negeri secara online.

Tak bisa disangkal, semua ini tidak terlepas dari keberhasilan Pemerintah dalam mengoptimalkan penguasaan atas kemajuan teknologi komunikasi. Sehingga dampaknya dapat dirasakan hampir di setiap sektor, terlebih lagi bagi sektor perdagangan. Meskipun begitu, kemajuan yang dicapai seperti saat ini tidak sepenuhnya membawa efek positif bagi pertumbuhan situs-situs penyedia layanan periklanan/promosi online gratisan misalnya, yang diprediksikan bakal merangsang munculnya kondisi bisnis yang sangat kompetitif diantara para pengelola. Dengan suasana bisnis seperti itu, ditakutkan akan terjadi kompetisi yang tidak seimbang. Sebab hanya situs-situs yang memiliki daya saing yang tinggi, kinerja dan etos kerja yang bagus, menajemen operasional yang kokoh dan beberapa kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam menjamin kepuasan para pengguna layanan (masyarakat, pelaku bisnis, dan pemerintah) yang mampu mempertahankan eksistensinya. Sedangkan yang lain, yang tidak memiliki potensi yang dimaksud, akan menemui kesulitan dalam menjalankan bisnisnya, yang lama-kelamaan akan berujung "matinya" bisnis yang dikelola. Melihat arah perkembangan yang terjadi saat ini, sulit memang bagi para pengelola situs semacam ini untuk dapat menghindar dari kondisi mengkhawatirkan tersebut.

Diakui, gejala ini sudah terjadi jauh sebelum review ini ditulis. Lewat penelusuran mesin pencari "Google" ditemui bahwa situs-situs semacam ini cukup mendominasi lalu lintas perdagangan dan bisnis di dunia cyber, baik skala nasional maupun skala internasional. Bayangkan saja, untuk skala dalam negeri, Google berhasil mengindex lebih dari 2,810,000 halaman web yang mengandung keyword "pasang iklan gratis" hanya dengan durasi percarian 0,03 detik, keyword "iklan gratis" yang total pencariannya mencapai 1,120,000 halaman web dengan durasi pencarian 0,1 detik lebih lama (0,04 detik) ketimbang keyword "pasang iklan gratis" dan keyword "portal jual beli online" yang mencapai 127,000 lebih halaman web dengan durasi pencarian yang jauh lebih lama yakni ± 0,42 detik. Sedang untuk skala global, keyword "free ads" masih menduduki peringkat teratas dengan total penelusuran lebih dari 23,500,000 halaman web dengan total durasi hanya ± 0,06 detik. Jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah situs penyedia layanan gratis, bukan?

Data ini semakin menguatkan prediksi para pengamat ekonomi bahwa arah perkembangan perekonomian bangsa Indonesia saat ini sedang bergerak menuju perdagangan global, dengan memposisikan Internet sebagai media utamanya. Laju pergerakan ini ditandai dengan kepercayaan yang kian menguat dari masyarakat dan para pengusaha untuk mengiklankan, mempromosikan, atau pun melakukan berbagai transaksi niaga secara online. Para individu sekarang ini telah menyadari kemampuan yang dapat diberikan dari pemanfaatan Internet, yakni 3K (Kecepatan, Kemudahan, dan Kenyamanan). Sayangnya, hingga saat ini belum ada satu pun portal niaga yang mampu menyerap seluruh aspirasi dan antusiasme yang begitu besar ini. Situs-situs periklanan yang ada hanya sebatas penyedia tempat promosi dan iklan dalam jangka waktu terbatas dengan cakupan operasional tidak begitu luas, bukan sebagai suatu portal niaga yang mampu melayani segala hal yang berhubungan dengan transaksi niaga online jangka waktu tak terbatas, yang mampu dijadikan alternatif yang paling efektif dalam berpromosi, serta memiliki potensi yang kuat dalam mempercepat upaya peningkatan aspek kemudahan dan kelancaran dalam berbisnis, dengan cakupan informasi yang padat dan up-to-date. Dari kondisi seperti ini, wajar bila banyak pihak yang berharap munculnya kompetitor baru yang mampu memposisikan eksistensinya sebagai portal niaga multi fungsi dengan mengusung potensi-potensi yang disebutkan tadi.

Bermodal Kemudahan "Semuanya Tinggal Klik" dan Kepercayaan Publik
Klikjualbeli.com, salah satu kompetitor baru dalam kancah niaga dan periklanan online di Indonesia, yang awal kemunculannya sempat diragukan sebagian pengamat bisnis online, tiba-tiba muncul sebagai pemain vital dalam penyediaan portal niaga berskala besar, periklanan, promosi plus kegiatan-kegiatan pendukung bisnis lainnya dengan menawarkan tingkat kemudahan, kecepatan, keamanan, dan total penampilan iklan jauh di atas para kompetitor lainnya. Pada dasarnya, portal klikjualbeli.com tidak jauh berbeda dengan situs-situs niaga dan periklanan yang ada sebelumnya, hanya saja komitmen dan konsistensi klikjualbeli.com yang begitu kuat untuk menciptakan kenyamanan bertransaksi secara online (berusaha mengikis persepsi buruk masyarakat akan transaksi via Internet, yang digambarkan sarat akan penipuan dan tindak cyber crimes lainnya), dengan ditambah berbagai fasilitas pendukung kelancaran niaga yang jarang dimiliki oleh para kompetitor lainnya, menjadikan klikjualbeli.com mampu menyeimbangi kompetisi yang sedang berlangsung.

Label:

0 comments | Post your comments  |  Email Me |   |  Cetak File

0 comments

Post your comments